-->

8 PERINTAH DASAR LINUX || Gilang Pratama








A).pendahuluan


Assalamu'alaikum wr.wb
pada blog kali ini saya akan membahas tentang "8 perintah dasar linux mint". oke simak saja penjelasan dibawah ini!!
B).Isi
*ping
Perintah ping  (send ICMP ECHO_REQUEST to network hosts) adalah perintah untuk mengetes konektifitas jaringan. Biasanya saat main WiFi atau terhubung dengan internet, saya sering menggunakan perintah ini.
*apt
Perintah apt (APT package handling utility) sebenarnya alias dari apt-get. Namun saya lebih senang menggunakan apt, karena lebih pendek. Fungsinya untuk menginstall dan menghapus paket tertentu.
*sudo
Perintah sudo  (execute a command as another user) adalah perintah awalan yang berfungsi untuk mengeksekusi sebuah perintah sebagai super user (root).
Perintah ini termasuk perintah yang sering saya gunakan apabila ingin mengeksekusi peirntah yang membutuhkan izin root.
*reset
Perintah reset( terminal initialization) fungsinya hampir sama dengan clear. Bedanya perintah ini untuk me-restart terminal. Saya sering menggunakan perintah ini saat ingin me-load ulang konfigurasi terminal.
*clear
Perintah clear  (clear the terminal screen) adalah perintah untuk membersihkan layar. Ketika layar terminal penuh dengan teks, maka saya menggunakan perintah ini untuk membersihkannya.
*mkdir
Perintah mkdir  (make directory) adalah perintah untuk membuat direktori baru. Sudah pasti perintah ini sering saya gunakan saat ingin membuat direktori baru.
*cd
Perintah cd  (change direcotry) adalah perintah untuk pindah-pindah direktori. Dengan perintah ini, saya bisa jalan-jalan ke direktori manapun yang diinginkan.
*ls
Perintah ls  (list directory contents) adalah perintah untuk melihat isi direktori. Perintah ini juga sering saya ketik setelah perintah cd.
C).PENUTUP
 
oke itu dia 8 perintah dasar linux ,mungkin hanya itu saja yang dapat saya tulis di blog kali ini semoga bisa bermanfaat, apabila ada salah penulisan mohon dimaafkan.
wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "8 PERINTAH DASAR LINUX || Gilang Pratama"

Post a Comment

CARA MENGAMANKAN ROUTERBOARD MIKROTIK || Gilang Pratama

A).PENDAHULUAN Assalamu'alaikum wr.wb H alo semua! pada blog kali ini saya akan menjelaskan tentang" cara mengamankan rout...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel