SOP ,K3 ,DAN MANAGEMENT PROJECT|| Gilang Pratama
"SOP
,K3 ,DAN MANAGEMENT PROJECT"
A).PENDAHULUAN
Assalamu'alaikum
Wr.Wb.
halo
semua! dalam postingan Blog saya ini yang akan menerangkan
tentang"SOP ,K3 ,DAN MANAGEMENT PROJECT". oke penjelasannya
saya bagi menjadi 3, langsung saja.
B).ISI
-
1.SOP
Standar
Operasional Prosedur atau disingkat dengan SOP adalah dokumen yang
berkaitan dengan prosedur yang dilakukan secara kronologis untuk
menyelesaikan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil
kerja yang paling efektif dari para pekerja dengan biaya yang
serendah-rendahnya.
SOP
juga dapat dikatakan sebagai acuan atau pedoman untuk melakukan
pekerjaan atau tugasnya sesuai dengan fungsi dan alat penilaian
kinerja para karyawan sesuai indikator-indikator administrasi, teknik
dan prosedural berdasarkan tata kerja, sistem kerja dan prosedur
kerja pada unit kerja yang berkaitan.
fungsi
SOP:
-
Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja.
-
Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
-
Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah dilacak.
-
Mengarahkan petugas (pegawai) untuk sama-sama disiplin dalam bekerja.
-
Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.
2.
K3
K3
adalah peraturan atau upaya untuk menjamin keutuhan, keselamatan
kerja serta kesempurnaan baik jasmani maupun rohani. Selain itu K3
(keselamatan dan kesehatan kerja) adalah suatu usaha untuk mencegah
terjadinya kecelakaan dalam bekerja entah itu berupa penyakit dalam
kerja, kebakaran, peledakan dan pencemaran lingkungan. Kepanjangan
K3 sering kita dengar yakni Keselamatan dan Kesehatan Kerja, namun
definisi K3 (keselamatan dan kesehatan kerja) detailnya bisa anda
baca diatas.
K3
adalah sebuah program safety yang umumnya ditempel disekitar ruangan
yang kita gunakan untuk bekerja, sehingga akan dapat selalu dibaca
oleh pekerja agar selalu diingat dan dihindari. Adanya K3
(keselamatan dan kesehatan kerja) adalah karena sudah dipastikan
pernah terjadi hal-hal yang tidak diiinginkan, sehingga upaya
perusahaan agar tidak terjadi maka dibuatlah K3 (keselamatan dan
kesehatan kerja).
Fungsi
k3 :
-
Untuk melindungi dan memelihara kesehatan dan keselamatan tenaga kerja sehingga kinerjanya dapat meningkat.
-
Untuk menjaga dan memastikan keselamatan dan kesehatan semua orang yang berada di lingkungan kerja.
-
Untuk memastikan sumber produksi terpelihara dengan baik dan dapat digunakan secara aman dan efisien.
3.
MANAGEMENT PROJECT
#.
Penjelasan management project
management
project adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan
seperti: perencanaan (planning), pengorganisasian,
penggerakan & pengawasan yang dilakukan untuk mencapai tujuan
yang telah ditentukan sebelumnya melalui pemanfaatan berbagai macam
sumberdaya. Itulah pengertian management project secara umum.
#.
Inilah pengertian dari management project menurut beberapa ahli
Di
bagaian bawah ini adalah beberapa pengertian manajemen menurut para
ahli :
-
Menurut Marry Parker Follet – manajemen adalah sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui oranglain.
-
Lalu menurut Lawrence A. Appley – Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.
-
Terus menurut G.R. Terry – Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan/pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksudmaksud yang nyata.
-
Sedangkan menurut Renville Siagian – Manajemen adalah suatu bidang usaha yang bergarak dalam bidang jasa pelayanan dan dikelola oleh para tenaga ahli tyerlatih serta berpengalaman.
-
Dan menurut Menurut Hilman – Manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain & mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.
#.fungsi
management project
Inilah
4 (Empat) Fungsi management project, diantaranya meliputi:
-
Fungsi Perencanaan – Proses yang menyangkut berbagai macam upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa depan atau masa yang akan datang dan penentuan strategi serta taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan dari suatu organisasi, perusahaan atau lembaga. Aktivitas dari perencanaan memfokuskan pada mempertahankan tujuan. Para manajer menegaskan secara jelas dan detail apa yang organisasi, perusahaan ataupu suatu lembaga harus lakukan supaya berhasil. Perencanaan fokus terhadap kesuksesan dari suatu organisasi dalam jangka waktu pendek dan juga jangan panjang.
-
Pengorganisasian yaitu memberikan tugas sebagai hasil dari tahapan perencanaan, tugas itu di berikan kepada beragam individu ataupun kepada grup didalam suatu organisasi ataupun lembaga. Mengorganisir adalah menciptakan mekanisme untuk menjalankan rencana.
-
Pengaruh atau pengarahan merupakan sebuah Motivasi, kepemimpinan ataupun arah. Pengaruh dapat di definisikan sebagai suatu bimbingan dari aktivitas anggota organisasi dalam arah yang bisa membantu organisasi lebih terarah untuk mencapai tujuannya.
-
Pengendalian yaitu proses yang dilakukan untuk memastikan bahwa semua rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan maupun diimplementasikan supaya dapat berjalan sesuai dengan target yang ingin di capai, sekalipun berbagai macam perubahan terjadi dalam lingkungan kegiatan yang dihadapi. Pengendalian merupakan sejumlah peranan yang dilakukan oleh para manajer: Mengumpulkan berbagai informasi untuk mengukur performa, membandingkan performa yang sekarang dengan sebelumnya serta menentukan aksi, taktik selanjutnya dari rencana dan juga melakukan modifikasi untuk mencapai parameter performa diharapakan.
C).penutup
mungkin
hanya itu saja yang dapat saya tulis di blog kali ini, apabila ada
salah penulisan mohon dimaafkan.
wassalamu'alaikum
Wr.Wb.
0 Response to "SOP ,K3 ,DAN MANAGEMENT PROJECT|| Gilang Pratama"
Post a Comment